Minggu, 11 Maret 2012

Decision Making (Membuat Keputusan)

Seperti yang kita tahu bahwa membuat keputusan merupakan hal yang sangat manusiawi dalam kehidupan kita. Kita sebagai khalifah di dunia ini terkadang memiliki keputusan yang sangat besar dampaknya dalam hidup kita sendiri maupun lingkungan sekitar. Oleh karenanya sebelum membuat keputusan bijaknya kita memahami akan keputusan serta dampak yang terjadi atas keputusan tersebut.

Berikut tahap - tahap atau pertimbangan yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan, yaitu sebagai berikut:
I           Tujuan
        Menerangkan tujuan yang hendak dicapai sehingga kita perlu melakukan pentingnya mengambil keputusan.
II          Mendifinisikan Permasalahan/Masalah
              Mendefinisikan dan menguraikan masalah0masalah yang terjadi, dalam kata lain yaitu menguraikan dan menjabarkan seluruh penyebab yang membuat kita terdorong untuk membuat keputusan.
III         Mengumpulkan Informasi
          Setelah kita tahu persis dan benar masalah yang terjadi atau penyebab yang terjadi maka, langkah selanjutnya yaitu mencari solisi atas permasalahan tersebut serta menguraikan option-option (pilihan) yang mungkin akan dilakukan dalam memecahkan masalah.
IV         Pengevaluasian Terhadap Alternative (pilihan) dan Mempertimbangkan semua kriteria
            Setelah kita mencatat, mengenrti dan memahami tujuan yang hendak dicapai, masalah dan penyebab, serta kemungkinan solusi yang akan diambil maka, kita harus mengevaluasi keseluruhan dari 3 (tiga) konsep tersebut, manakah solisi yang lebih cenderung sampai pada titik tujuan.
V           
Memilih Alternative yang Terbaik

                Setelah ditentukan pilihan bukan berarti kita harus langsung melaksanakan pilihan tersebut, ada baiknya kita evaluasi kembali secara detail dan dalam akan pilihan/alternative/option yang diambil. Sehingga kita mengetahui keseluruhannya dengan jelas guna meminimalisir segala resiko yang terjadi akibat pengambilan keputusan yang salah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar